Slide background
Slide background
Slide background

Fakta Menakjubkan Seputar Menara Jam Mekkah, Abraj al-Bait

 
Mekkah selama ini dikenal sebagai tempat suci bagi umat Muslim di seluruh dunia. Tiap tahun, jutaan orang dari mengunjungi tempat tersebut. Selain bertujuan untuk menunaikan ibadah haji, terdapat juga orang-orang yang menjadikan Mekah sebagai tempat wisata religi.
 
Di kota ini, terdapat banyak sekali benda-benda bersejarah. Selain Ka’bah, Mekkah juga dikenal dengan menara jam yang berada tepat di kawasan Ka’bah bernama Menara Jam Abraj al-Bait.
 
Menara Jam Mekkah merupakan bagian dari bangunan komplek Abraj al-Bait dan terletak tepat di depan masjidil haram. Pada kali ini, Okezone akan merangkum fakta menakjubkan seputar menara tersebut.
 
1. Menara Jam tertinggi di Dunia
 
Selama ini, Anda mungkin mengira bahwa menara jam Palace of Culture and Science di Warsawa sebagai menara paling tinggi di dunia. Tapi, ketinggian menara tersebut tidak seberapa jika dibandingkan dengan Menara Jam Abraj al-Bait. Bahkan, bangunan tertinggi di Mekah itu disebut mampu mengalahkan ketinggian bangunan Menara jam The Big Ben di London.
 
Menara itu diketahui memiliki tinggi 601 meter dari rencana pembangunan sekira 743 meter. Dengan demikian, gedung itu menjadi bangunan tertinggi kedua di dunia setelah Burj Khalifa di Dubai.
 
2. Dihiasi Dua Juta Lampu LED
 
Pembagunan menara Abraj al-Bait tampaknya tidak dibuat tanggung-tanggung. Menara itu dirancang khusus oleh arsitek dengan memakai dua juta lampu LED. Dengan lampu tersebut, menara itu dapat menampilkan 21.000 cahaya yang terdiri dari warna hijau dan putih.
 
Dengan demikian, pada malam hari, menara itu akan memancarkan cahaya warna hijau dan dapat dilihat dari jarak 17 kilometer. Sementara itu, pada malam hari, menara itu akan memunculkan warna putih dan hanya dapat dilihat dari jarak 12 kilometer.
 
Dua warna tersebut sengaja dipilih karena memiliki arti tersendiri bagi umat Muslim yaitu melambangkan warna agama Islam yang suci.
 
3. Dipasangi Jutaan Kaca Mozaik
 
Tidak mengherankan, mengapa Menara Jam Abraj al-Bait di Mekah menjadi begitu memesona dan tampak megah. Itu disebabkan pada setiap penjuru jam dipasangi dengan 90 juta kaca mozaik berwarna keemasan.
 
Keempat sisi menara juga dihiasi dengan tulisan Arab seperti kaligrafi dan shalawat. Sementara itu, tepat pada bagian atap menara terpampang tulisan Allah dalam tulisan Arab.
 
4. Menelan Biaya Fantastis
 
Jika ditelaah lebih rinci, menara itu memiliki bentuk unik dan menakjubkan. Dari kejauhan, menara tampak kukuh dan megah. Pandangan tersebut tidaklah mengherankan karena menara itu dibangun dengan menghabiskan dana fantastis.
 
Berdasarkan informasi dari pihak panitia, pembangunan menara itu telah menghabiskan biaya sebesar USD800 juta atau setara dengan RP10.6 triliun. Menara jam tertinggi di dunia itu dirancang oleh para arsitek yang berasal dari Jerman dan Swiss. Demikian sebagaimana dilansir dari. (okezone)
INFORMASI PENDAFTARAN

 

khomsa tour

KANTOR PUSAT

PT Khomsa Tour & Travel
Jl Flamboyan No. 5 Komplek Bermis
Kelapa Gading - Jakarta Timur
Phone: 021 – 29451422
Email: info@khomsatour.co.id

pp

H Bahrun Syah
Phone: +62 813-5634-3008
WA: +62 812-1188-840

Marketingkhomsa

PENDI PRIYATNA
Phone: 081-1274-9047
WA: 0821-1437-6995

PAKET UMRAH KHOMSA
ONLINE VISITORS
Arsip
HUBUNGI KAMI

pp

 H Bahrun Syah
 Phone: +62 813-5634-3008
 WA: +62 812-1188-840

 

 

Marketingkhomsa

 Pendi Priyatna
 Phone: 0812 1274 9047
 WA: 0821 1437 6995

Copyright © 2015 Khomsa Tour. All rights reserved.
Supported By MediaVisual